Dorong Inovasi Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat: Rapat Koordinasi Pj Bupati Bojonegoro dengan Desa/Kelurahan Zona 4

Pj Bupati Bojonegoro Dorong Inovasi Tingkat Desa Beri Dampak Lebih Besar untuk Kesejahteraan Warga
Pj Bupati Bojonegoro Dorong Inovasi Tingkat Desa Beri Dampak Lebih Besar untuk Kesejahteraan Warga

Bojonegoro,- Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto, dalam Rapat Koordinasi dan Silaturahmi dengan Desa/Kelurahan di Bojonegoro Zona 4 yang digelar di Balai Desa Temayang, Kecamatan Temayang pada Rabu (20/3/2024), mengajak para kepala desa untuk terus menciptakan inovasi di lingkup desanya masing-masing. Hal ini sejalan dengan tujuan sinergi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah, di mana inovasi tingkat desa akan memberikan dampak yang lebih besar bagi kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah desa ini yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, jadi memberikan dampak yang lebih besar," terang Pj Bupati.

Menangani Kemiskinan, Stunting, dan Inflasi: Peran Penting Pemerintah Desa

Pj Bupati menjelaskan bahwa saat ini, Indonesia dihadapkan dengan berbagai masalah seperti kemiskinan, stunting, dan inflasi. Dalam hal ini, pemerintah desa memiliki peran penting untuk membantu warganya, khususnya yang masuk Data Miskin Daerah (Damisda).

"Pemerintah Kabupaten akan mendukung melalui BKK. Gunakan dan buatlah tata kelola secara baik," tegasnya.

Contoh Inovasi Desa yang Mendukung Ketahanan Pangan

Pj Bupati memberikan contoh inovasi yang dapat dilakukan oleh pemerintah desa, di antaranya:

  1. Mendorong BUM Desa untuk bergerak di bidang unit usaha yang mendukung ketahanan pangan, seperti mendirikan unit usaha peternakan semisal ayam petelur.
  2. Menggiatkan gerakan pemanfaatan pekarangan di masing-masing rumah untuk ditanami sayuran.

Prioritas Pemkab Bojonegoro pada Kesejahteraan dan Kemajuan Masyarakat

Pj Bupati juga menjabarkan beberapa program prioritas Pemkab Bojonegoro, yaitu:

  • Mengurangi angka kemiskinan
  • Mengurangi angka stunting
  • Menjaga stabilitas inflasi
  • Tanggap bencana
  • Meningkatkan mutu pendidikan
  • Meningkatkan investasi
  • Mengembangkan UMKM
  • Mendorong sektor wisata

Sinergi dan Dukungan untuk Mewujudkan Program Prioritas

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, menekankan pentingnya sinergi dan dukungan dari semua pihak, mulai dari tingkat pemkab hingga pemdes, untuk mewujudkan program-program prioritas tersebut.

"Di P-APBD 2024 sudah dilaksanakan program Domba Kesejahteraan yang diperuntukkan bagi warga yang masuk Damisda," ucapnya.

Sekda juga menambahkan bahwa hingga 2024, Pemkab Bojonegoro telah mendaftarkan 29.000 pekerja rentan di BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan perlindungan.

Penyaluran Dana Desa dan Pesan untuk Para Kades

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Machmudin, menyampaikan bahwa Dana Desa (DD) untuk desa-desa di empat kecamatan, yaitu Temayang, Gondang, Bubulan, dan Sukosewu, telah disalurkan tahap pertama.

"Yang sudah dicairkan, segera direalisasikan dan tatausahakan. Bila realisasi lebih 50% bulan April siap dicairkan tahap kedua," pesannya.

Machmudin juga menekankan pentingnya pelaksanaan program Bantuan Langsung Tunai (BLT), kegiatan stunting, ketahanan pangan, dan optimalisasi pekarangan lingkungan, yang merupakan program prioritas Pemkab Bojonegoro.

Santunan dan Silaturahmi dengan Desa/Kelurahan

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Bojonegoro didampingi Sekda dan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan uang santunan dengan nominal sebesar Rp 42 juta kepada Ibu Samsuri.

Rapat Koordinasi dan Silaturahmi dengan Desa/Kelurahan se Kabupaten Bojonegoro ini direncanakan digelar selama bulan Ramadhan di 10 zona. Kegiatan ini diikuti oleh para Asisten Setda Pemkab Bojonegoro, Staf Ahli, perwakilan Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Kejari, Kemenag, Forkopimcam, Kepala Desa, tokoh agama, dan masyarakat setempat.