Sinergi Antara Pemkab Bojonegoro dan BBWS Solo Bojonegoro untuk Penanganan Mitigasi Bencana

Pemkab Bojonegoro dan BBWS Solo Bahas Rencana Kerjasama Pengelolaan Sumber Daya Air untuk kesejahteraan warga

Bojonegoro,- Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Bojonegoro menunjukkan komitmennya dalam penanganan mitigasi bencana dengan menyelenggarakan rapat pembahasan draft nota kesepakatan bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Solo Bojonegoro. Kegiatan ini berlangsung di ruang pertemuan Dinas PU SDA pada Selasa (27/09/2024).

Kepala Dinas PU SDA Bojonegoro, Heri Widodo, menjelaskan bahwa pembahasan draft nota kesepakatan ini adalah bentuk sinergi antara Pemkab Bojonegoro dan BBWS Solo Bojonegoro dalam membangun komitmen bersama. Tujuannya adalah untuk merencanakan, melaksanakan pembangunan, memanfaatkan, dan memelihara sarana serta prasarana sungai di wilayah kabupaten ini.

Heri menambahkan bahwa pembahasan draft nota kesepakatan ini penting untuk memastikan terciptanya sinergi dalam pemanfaatan sumber daya, personil, dana, material, peralatan, serta mitigasi bencana dalam pengelolaan sumber daya air. Hal ini bertujuan untuk menghindari tumpang tindih dalam penanganan kegiatan.

Lebih lanjut, Heri menjelaskan bahwa ruang lingkup dari draft nota kesepakatan kerja sama ini mencakup koordinasi, sinkronisasi, dan sinergi untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan pengelolaan sumber daya air di wilayah sungai Bengawan Solo yang melintasi wilayah administrasi kabupaten Bojonegoro.

"Diharapkan pembahasan draft nota kesepakatan bersama ini dapat segera diselesaikan dan menjadi landasan hukum yang dapat digunakan dalam pemanfaatan, pemeliharaan, pembangunan sumber daya air, bahkan dalam mitigasi bencana," tutup Heri dengan harapan yang optimis. 

Dengan sinergi antara Pemkab Bojonegoro dan BBWS Solo Bojonegoro melalui pembahasan draft nota kesepakatan ini, diharapkan akan terwujud penanganan bencana yang lebih efektif dan efisien serta pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.