Bupati Blora Berjuang untuk Percepat Pembangunan Pasar Ngawen yang Terbakar

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, mengunjungi Kementerian Perdagangan RI untuk mempercepat rekomendasi pembangunan Pasar Ngawen yang terbakar, dengan dukungan anggaran dari Kementerian PUPR
Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, mengunjungi Kementerian Perdagangan RI untuk mempercepat rekomendasi pembangunan Pasar Ngawen yang terbakar, dengan dukungan anggaran dari Kementerian PUPR

Jakarta,- Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, melakukan langkah konkret untuk mempercepat pembangunan Pasar Ngawen yang terbakar beberapa waktu lalu. Dalam kunjungannya ke Kementerian Perdagangan RI di Jakarta, Selasa (02/04/2024), Bupati Arief memastikan koordinasi dengan berbagai kementerian untuk mendapatkan rekomendasi dan anggaran yang dibutuhkan.

Mendorong Pembangunan Pasar Ngawen yang Terbakar

Bupati Arief, didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Kiswoyo SH., M.Si., serta Kepala Bidang Pasar Margo Yuwono, ST., MM., bertemu dengan Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kementerian Perdagangan RI, Sri Sugyatmanto, SE., MM. Mereka membahas langkah-langkah mendesak untuk mempercepat rekomendasi pembangunan Pasar Ngawen yang terbakar bulan Januari 2024 lalu.

Dukungan dari Kementerian Perdagangan

Bupati Arief menyampaikan bahwa setelah berkomunikasi dengan berbagai pihak termasuk Menteri Setneg dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, semua sudah menunjukkan dukungan. Tinggal menunggu surat rekomendasi resmi dari Kementerian Perdagangan agar proses pembangunan bisa segera dimulai.

Gunakan Skema Pembangunan Multiyears

Meskipun pembangunan pasar memiliki proses multiyears, Bupati Arief memastikan dorongan akan dilakukan tahun ini menggunakan anggaran dari Kementerian PUPR. Kunjungan Presiden dan Menteri PUPR sebelumnya ke Blora juga memberikan tambahan dukungan untuk percepatan pembangunan.

Komitmen dari Direktur Sardaglog Kemendag RI

Direktur Sardaglog Kemendag RI, Sri Sugyatmanto, SE., MM., menyambut baik langkah Bupati Blora dan tim. Dia memastikan surat rekomendasi akan segera disusun dan memastikan Pasar Ngawen layak untuk dibangun kembali. Meskipun pembangunan pasar tidak hanya untuk Pasar Ngawen saja, namun juga melibatkan sekitar 16 pasar lainnya di Indonesia yang membutuhkan perhatian.

Estimasi Anggaran Pembangunan Pasar Ngawen

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Kiswoyo SH., M.Si., bersama Kepala Bidang Pasar Margo Yuwono, ST., MM., memperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan Pasar Ngawen mencapai Rp 50 miliar lebih. Mereka mengapresiasi koordinasi lintas kementerian yang dipimpin oleh Bupati Blora Arief, sembari berharap agar pembangunan pasar dapat segera direalisasikan oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya.