Dekranasda Bojonegoro Buka Stan Bazar untuk Mendukung UMKM Lokal

Dekranasda Bojonegoro turut berperan dalam mendukung UMKM dengan membuka stan bazar di acara pertemuan rutin TP PKK, DWP, dan Perwosi se-Wilayah Kerja Bakorwil II Bojonegoro.
Dekranasda Bojonegoro turut berperan dalam mendukung UMKM dengan membuka stan bazar di acara pertemuan rutin TP PKK, DWP, dan Perwosi se-Wilayah Kerja Bakorwil II Bojonegoro. (Foto :  Pemkab Bojonegoro)

Bojonegoro,- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bojonegoro membuka stan bazar di acara pertemuan rutin TP PKK, Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) se-Wilayah Kerja Bakorwil II Bojonegoro. Kegiatan ini berlangsung di halaman pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, belum lama ini.

Dukungan Terhadap UMKM Lokal

Dekranasda Bojonegoro menggunakan kesempatan ini untuk memasarkan produk-produk unggulan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Para tamu undangan dari TP PKK, DWP, dan Perwosi se-Wilayah Kerja Bakorwil Bojonegoro turut hadir dalam acara ini. Mereka berasal dari berbagai daerah di sekitar Bojonegoro, seperti Tuban, Lamongan, Gresik, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto. Pj Ketua TP PKK, Dian Adiyanto Adriyanto, turut mendampingi para undangan saat melihat-lihat produk-produk dari para pelaku UMKM di Bojonegoro.

Peran Dekranasda Bojonegoro

Welly Fitrama, Ketua Harian Dekranasda Bojonegoro, menjelaskan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan ini. Dekranasda dipercaya oleh Pj Ketua TP PKK untuk mensupport dengan menghadirkan para pelaku UMKM lokal. Berbagai asosiasi UMKM, seperti APMMIK, Forum IKM Jatim (FIJ) Bojonegoro, Asosiasi Batik, Asosiasi Handycraf Jatim (AHJ) Bojonegoro, Asosiasi Kerajinan Kayu Jati Batokan Kasiman, dan Zahida Painting, turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka menyajikan beragam produk mulai dari makanan dan minuman, batik, buah, hingga kerajinan tangan.

Harapan Untuk Pengembangan UMKM

"Harapannya nanti produk unggulan Bojonegoro dapat dikenal, tidak hanya lokal namun juga luar daerah dan dibeli masyarakat luas. Dengan kegiatan ini juga diharap dapat memberi motivasi UMKM untuk bisa tumbuh," ungkap Welly Fitrama, menegaskan pentingnya dukungan terhadap UMKM lokal dalam meningkatkan perekonomian daerah.