Rapat Pengawasan Penetapan Hasil Pemilihan Umum, Songsong Tahapan Akhir Pemilu 2024

Rapat Pengawasan Penetapan Hasil Pengawasan Pemilu 2024 oleh Bawaslu Blora
Rapat Pengawasan Penetapan Hasil Pengawasan Pemilu 2024 oleh Bawaslu Blora (Dok. Pemkab Blora)

Blora,– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora menggelar rapat pengawasan penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Minggu, (31/03), bertempat di Aula Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora, rapat ini membahas persiapan terkait pengawasan penetapan perolehan kursi dan hasil pemilu.

Pemilu 2024 Menuju Tahapan Akhir

Ketua Bawaslu Blora, Andyka Fuad Ibrahim, menyampaikan bahwa rapat tersebut menjadi momentum penting dalam menyongsong tahapan akhir Pemilu 2024. Meskipun tahapan masih berlangsung, ada beberapa proses yang harus diselesaikan, termasuk penyelesaian sengketa hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi.

Persiapan Pengawasan dan Penetapan Hasil

Rapat tersebut membahas persiapan pengawasan penetapan perolehan kursi dan hasil Pemilu 2024. Diskusi meliputi pemantauan proses penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora dan penyesuaian dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Prospek Penetapan Hasil Pemilu

Dalam rapat itu, Divisi Teknis KPU Kabupaten Blora, Ahmad Solikin, menjelaskan tentang proses penetapan kursi dan calon terpilih. Solikin menyoroti prospek penetapan hasil pemilu dan penggantian calon terpilih anggota DPRD, berdasarkan berbagai skenario yang mungkin terjadi.


Rapat Pengawasan Hasil Pemilu Blora 2024 dihadiri oleh para Petinggi Partai Tingkat Kabupaten
Rapat Pengawasan Hasil Pemilu Blora 2024 dihadiri oleh para Petinggi Partai Tingkat Kabupaten (Dok. Pemkab Blora)

Keterlibatan Berbagai Pihak

Rapat tersebut dihadiri oleh jajaran Bawaslu, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), perwakilan partai politik, serta media massa. Keterlibatan berbagai pihak tersebut menjadi bukti komitmen untuk memastikan integritas dan transparansi proses pemilu.

Buka Puasa Bersama sebagai Puncak Rapat

Rapat yang berlangsung hingga menjelang azan magrib ini kemudian diakhiri dengan buka puasa bersama, menandai kerjasama dan solidaritas dalam menjalankan tahapan Pemilu 2024.

Rapat ini menegaskan komitmen Bawaslu dan KPU Blora untuk memastikan proses pemilu berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, demi terwujudnya pemilu yang demokratis dan adil.