Sidak Pj Bupati Bojonegoro dan Forkopimda Perkuat Ketersediaan Kebutuhan Pokok di Tokenbro

Pj Bupati Bojonegoro mengawali kunjungannya dengan mengunjungi Tokenbro di Pasar Kota Lama
Pj Bupati Bojonegoro mengawali kunjungannya dengan mengunjungi Tokenbro di Pasar Kota Lama. (Dok. Pemkab Bojonegoro)

Bojonegoro,- Pj Bupati Adriyanto bersama Forkopimda, Sekretaris Daerah, Bulog, dan OPD terkait melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah lokasi strategis di Kabupaten Bojonegoro. Inspeksi tersebut dilakukan Jumat (5/4/2024) untuk memastikan stabilitas harga dan stok kebutuhan pokok menjelang lebaran Idul Fitri.

Kunjungan ke Toko Tekan Inflasi Bojonegoro (Tokenbro)

Dalam sidak tersebut, Pj Bupati Bojonegoro mengawali kunjungannya dengan mengunjungi Tokenbro di Pasar Kota Lama. Toko ini, yang dikelola oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Dindagkop UM), menjadi salah satu langkah strategis pemerintah untuk mengendalikan inflasi dan menjaga ketersediaan bahan pokok.

Stabilitas Harga dan Ketersediaan Beras Selama Bulan Ramadhan

Pj Bupati Adriyanto menegaskan bahwa Tokenbro menyediakan produk Bulog seperti beras, gula pasir, dan minyak goreng dengan harga yang terjangkau. Dia juga memastikan bahwa ketersediaan beras akan tercukupi selama bulan Ramadhan melalui pemantauan yang terus dilakukan bersama Bulog Bojonegoro.

Pj Bupati pastikan ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok di Kabupaten Bojonegoro dapat terjaga dengan baik menjelang perayaan Idul Fitri tahun ini.
Pj Bupati pastikan ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok di Kabupaten Bojonegoro dapat terjaga dengan baik menjelang perayaan Idul Fitri tahun ini. (Dok. Pemkab Bojonegoro)

Dialog dengan Pedagang dan Tinjauan Stok Elpiji

Rombongan juga mendatangi Pasar Kapas untuk berdialog langsung dengan pedagang terkait stok dan harga beberapa kebutuhan pokok seperti cabai, tomat, telur, daging ayam, dan daging sapi. Selain itu, mereka juga meninjau stok dan harga elpiji di SPBE.

Gerakan Pangan Murah dan Instruksi Pemanfaatan Pekarangan Rumah

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Helmy Elizabeth, mengungkapkan bahwa harga bahan pokok di dua pasar yang disidak hampir sama. Pemkab Bojonegoro terus menggelar Gerakan Pangan Murah dan pasar murah untuk mendukung ketersediaan dan harga terjangkau bagi masyarakat. Dia juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman seperti cabai dan tomat.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok di Kabupaten Bojonegoro dapat terjaga dengan baik menjelang perayaan Idul Fitri tahun ini.