Bupati Blora Hadiri Serah Terima Bantuan Pompa Air dari Kementerian Pertanian RI

Kementerian Pertanian RI menyerahkan 164 unit pompa air kepada kelompok tani di Kabupaten Blora melalui kegiatan Pompanisasi Penambahan Areal Tanam (PAT).

Blora,- Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) menyerahkan bantuan berupa 164 unit pompa air kepada kelompok tani di Kabupaten Blora. Penyerahan ini dilakukan melalui kegiatan Pompanisasi Penambahan Areal Tanam (PAT) dan berlangsung di Gedung Balai Benih Dinas P4 Blora, Rabu (22/05/2024). Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian di daerah tersebut.

Sambutan Bupati Blora

Bupati Blora, H. Arief Rohman, menyatakan kegembiraannya atas bantuan tersebut. "Kita menerima bantuan Alsintan berupa pompa air yang diperuntukkan bagi kelompok tani di Kabupaten Blora. Semoga dengan bantuan Pak Menteri ini bisa bermanfaat untuk pertanian di Kabupaten Blora," ungkapnya. Ia menambahkan bahwa bantuan ini sangat penting mengingat kebutuhan air yang mendesak untuk kegiatan pertanian.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, menyambut baik bantuan ini dan berharap dapat meningkatkan produktivitas pertanian di wilayahnya.

Tantangan Air di Kabupaten Blora

Arief Rohman menjelaskan bahwa Kabupaten Blora memiliki sekitar lima kecamatan dengan sumber air yang tersedia, sementara wilayah lainnya masih memerlukan usaha ekstra untuk mendapatkan air. "Pompa ini tentunya bisa kita manfaatkan, karena kalau kita bertani yang dibutuhkan adalah air. Semoga dengan pompa ini bisa kita manfaatkan untuk menyedot air guna mengairi lahan pertanian kita," terangnya.

Dukungan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, Supriyanto, SP, MP, mengungkapkan bahwa bantuan pompa tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian. "Jawa Tengah mendapatkan alokasi 4 ribu unit pompa yang pengirimannya dalam proses. Semoga kami di Jawa Tengah, termasuk Blora, bisa memanfaatkan ini untuk peningkatan produksi pangan di Jawa Tengah, di Blora untuk 164 kelompok tani," jelasnya. Ia juga menekankan pentingnya perawatan dan pemanfaatan bantuan pompa air tersebut dengan baik.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, Supriyanto, menekankan pentingnya perawatan pompa untuk memaksimalkan produksi pangan.

TNI Siap Mengawal Program Kementan

Dandim 0721 Blora, Letkol Czi Yuli Hartarto, menyatakan kesiapan TNI untuk mengawal program dari Kementan dengan membantu para petani di Kabupaten Blora. "TNI khususnya Kodim pada intinya membantu petani dalam hal ini pendampingan dan pengawalan mulai dari awal sampai akhir, walaupun saat ini mulai kemarau, intinya kita ingin membantu kesulitan masyarakat," jelasnya.

Testimoni Kelompok Tani

Kunarto, perwakilan dari Kelompok Tani Krido Mulyo Desa Patalan, Blora, menyambut baik bantuan tersebut. "Alhamdulillah pemerintah memperhatikan para petani Blora. Dulu kendalanya pompanya terbatas jadi petani kalau mau mengairi harus antri nunggu. Kalau ada bantuan pompa ini, para petani yang mau mengairi lahannya bisa semakin terbantu," ungkapnya.

Salah satu penerima bantuan, Kelompok Tani Krido Mulyo, menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap kebutuhan air para petani.

Bantuan pompa air yang diserahkan terdiri dari 96 pompa air ukuran 3 inch dan 68 pompa air ukuran 4 inch. Ini merupakan tahap pertama dari usulan CPCL yang pernah dimasukkan ke Kementerian Pertanian.