Tim Percepatan Penurunan Stunting Blora Mantapkan Langkah Konkret

Wakil Bupati Blora pimpin langsung Rakor Penguatan Tim Percepatan Penanggulangan Stunting di setiap Kecamatan
Wakil Bupati Blora pimpin langsung Rakor Penguatan Tim Percepatan Penanggulangan Stunting di setiap Kecamatan.

Blora,- Upaya percepat penurunan angka stunting terus dilaksanakan, termasuk di Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Pemerintah Kecamatan Blora mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di pendopo kantor Kecamatan Blora, Selasa (21/05/2024). Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait dan diharapkan mampu semakin mantapkan langkah konkret untuk menurunkan angka stunting sesuai target pemerintah pusat.

Hadirkan Berbagai Pihak Terkait

Rakor ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM., yang mewakili Bupati Blora, Sekdin Dindalduk dan KB dr. Heri Santoso, Kabid Sosial Dinsos PPA Kabupaten Blora M. Iskak, dan Sekcam Blora Drs. Isti Nuratri, M.Si. Selain itu, turut hadir Kapolsek Blora AKP Rustam, S.H., M.H., Koordinator Balai PLKB Kecamatan Blora Drs. Suhariyanto, serta kepala-kepala UPTD Puskesmas dan KUA di Kecamatan Blora.

Jumlah peserta yang hadir dalam acara ini mencapai sekitar 70 orang, termasuk para tenaga gizi dan kesehatan lingkungan dari Puskesmas Blora dan Puskesmas Medang, Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Blora Abdul Rozaq, Koordinator PKH Kecamatan Blora Guntarti, serta Kades/Kalur se-Kecamatan Blora.

Tim Percepatan Penanggulangan Stunting semakin mantapkan langkah kerja untuk kejar target nasional
Tim Percepatan Penanggulangan Stunting semakin mantapkan langkah kerja untuk kejar target nasional.

Sambutan dan Komitmen Bersama

Dalam sambutannya, Sekcam Blora Drs. Isti Nuratri, M.Si. menyampaikan bahwa pemerintah pusat telah memberikan arahan agar angka stunting bisa turun signifikan pada tahun 2024. "Persoalan stunting dan kemiskinan menjadi target utama Pemerintah Kabupaten Blora, khususnya Kecamatan Blora, dan diharapkan dapat kita selesaikan sesuai target," ujarnya.

Danramil 01/Blora, Kapten Inf Subeno, juga menekankan pentingnya sinergi antar pihak dalam menangani masalah stunting. "Kami sepakat untuk mempercepat penanganan stunting bagi anak-anak yang masuk kategori stunting. Oleh karenanya, seluruh pihak harus bersinergi dalam mewujudkan percepatan penurunan stunting di wilayah Kecamatan Blora," tegasnya.

Langkah-Langkah Konkret

Rakor ini bertujuan untuk mengoordinasikan langkah-langkah konkret dalam mempercepat penurunan angka stunting yang telah dijalankan. Program ini juga merupakan salah satu prioritas nasional yang diharapkan dapat dicapai dengan kerja sama semua pihak terkait. Diskusi dan strategi yang dibahas dalam rakor ini diharapkan semakin meningkatkan pencapaian target yang telah ditetapkan. (Cak Roto)