Mbah Wiji Kepala Desa Nglanjuk Kecamatan Cepu Siap Susun RPJM Desa Baru

Kepala Desa Kades Nglanjuk Kecamatan Cepu Mbah Wiji siap susun RPJM Desa Baru
Mbah Wiji - Kades Nglanjuk Cepu Blora

Cepu,- Kepala Desa Nglanjuk, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Wiji, yang akrab dipanggil Mbah Wiji, mengumumkan rencana penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa yang baru. Hal ini disampaikan di Balai Desa Nglanjuk, Kamis (04/07/2024), paska pengukuhan perpanjangan masa jabatan kepala desa selama dua tahun oleh Bupati Blora. 

Penyusunan RPJM Desa yang Baru

Mbah Wiji menjelaskan bahwa RPJM Desa yang sudah berjalan selama enam tahun sebelumnya telah dilaksanakan dengan baik. Namun, dengan tambahan masa jabatan dua tahun, diperlukan penyusunan RPJM baru untuk memastikan program-program tambahan dapat dijalankan sesuai regulasi yang ada.

Tentunya, baik perencanaan maupun pelaksanaan program-program tambahan ini nantinya, harus dilaksanakan sesuai regulasi yang ada. (Mbah Wiji, Kades Nglanjuk)

Koordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa

Untuk pelaksanaan penyusunan RPJM Desa yang baru, Mbah Wiji menegaskan bahwa pihaknya harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta menunggu arahan teknis dari pihak Kecamatan. 

"RPJM Desa ini nanti tetap menyangkut program-program aspirasi dari masyarakat, terutama pada perencanaan pembangunan yang sebelumnya belum tercover dalam RPJM Desa terdahulu dapat diakomodir," tambahnya.

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Selain itu, Mbah Wiji juga mengungkapkan mengenai penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang selama ini telah berjalan dengan baik berkat kerjasama dengan RT, RW, dan tokoh masyarakat di Desa Nglanjuk.

"Di masyarakat kita sekarang ini, perbedaan antara yang kaya dan miskin sangat tipis, sehingga kami perlu kehati-hatian saat menentukan Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD tersebut," ungkapnya. (AS)