Pemerintah Kabupaten Blora Tingkatkan Koordinasi dengan BPK Provinsi Jawa Tengah

Pemkab-Blora-Rakor-Bersama-BPKP-Tingkatkan-Kualitas-dan-Efektivitas-Melalui-SPIP

Blora,- Pemerintah Kabupaten Blora mengadakan rapat koordinasi dengan Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah, di ruang pertemuan Setda, pada Selasa (27/2/2024).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, bersama Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si, serta seluruh Kepala Perangkat Daerah, Direktur RSUD, dan Camat se-Kabupaten Blora.

Bupati Arief Rohman menjelaskan bahwa tujuan dari rapat tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas sistem pengendalian intern yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Blora.

"Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi adalah suatu proses penilaian yang dilakukan untuk mengevaluasi kualitas dan efektivitas sistem pengendalian intern. Hal ini tidak hanya berdampak pada peningkatan internal, tetapi juga pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat," ujar Bupati Arief.

Bupati Arief juga menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Blora bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dan ia meminta arahan, saran, serta masukan dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah yang turut hadir dalam rapat tersebut.

Tri Handoyo, Kepala Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, menjelaskan bahwa SPIP bertujuan untuk memperbaiki perencanaan secara berkelanjutan. "Perlu diketahui bahwa salah satu tujuan SPIP adalah perbaikan perencanaan secara berkelanjutan," ucap Tri Handoyo.

Selain rapat koordinasi, dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama SPIP oleh Kepala Perangkat Daerah se-Kabupaten Blora, sebagai upaya konkret untuk meningkatkan sistem pengendalian intern di Kabupaten Blora.