Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 Blora, Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Stakeholder Lokal

Ketua Dewan dan Sekda Blora pada Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 di Graha Oktana PEM Akamigas Cepu
Ketua Dewan dan Sekda Blora pada Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 di Graha Oktana PEM Akamigas Cepu (Dok. Pemkab Blora)

Cepu,- Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 di Graha Oktana Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) Cepu pada Kamis (28/3/2024).

Langkah Kelima dalam Proses Musrenbang

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora, A. Mahbub Djunaidi, S.Pd., M.Si, menyampaikan bahwa acara ini merupakan langkah kelima setelah rangkaian Musrenbang dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, Forum Lintas OPD, dan pendapat masyarakat. "Hari ini kita Musrenbangkan untuk menerima masukan serta arahan dari pemangku kepentingan, untuk penyempurnaan RPJPD dan RKPD tahun 2025. Ini adalah kerja bareng kita, hasil MoU kita dengan perguruan tinggi," kata Mahbub.

Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi

Mahbub juga mengucapkan terima kasih kepada perguruan tinggi yang telah mendukung acara ini, termasuk Plt. Rektor UNS Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H., Rektor Unnes Prof Dr S Martono, M.Si, dan Wakil Rektor Prof. Dr. Ngabiyanto M.Si. "Ini adalah wujud sesarengan Perguruan Tinggi untuk sesarengan mbangun Blora," ucapnya.

Fokus pada Penguatan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Tema Musrenbang Kabupaten Blora untuk RPJPD 2025-2045 dan RKPD tahun 2025 adalah Penguatan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat didukung Pelayanan Publik yang Berkualitas. Mahbub menjelaskan bahwa semua masukan telah diinput sesuai dengan komitmen dengan KPK.

Partisipasi dari Berbagai Pihak

Acara ini dihadiri oleh 154 undangan, termasuk dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Kemendagri, Setda Blora, organisasi masyarakat, tokoh agama, LSM, wartawan, perguruan tinggi, serta kabupaten tetangga Blora.

Harapan untuk Penyempurnaan RPJPD dan RKPD 2025

Berdasarkan amanat Menteri Dalam Negeri, hasil Musrenbang ini akan digunakan untuk menyempurnakan rancangan akhir RPJPD dan RKPD 2025.

Komunikasi Terbuka dari Pemerintah Kabupaten dan DPRD

Bupati Blora, H. Arief Rohman S.IP., M.Si, mengakui bahwa masa jabatannya yang seharusnya lima tahun hanya berlangsung tiga tahun, namun ia berjanji untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur dengan segala prioritas. Sementara itu, Ketua DPRD Blora HM. Dasum, SE., MMA, menegaskan bahwa Musrenbang memainkan peran strategis dalam penyampaian dokumen hasil penelahan pokok-pokok pikiran DPRD, yang telah disinkronisasi dengan prioritas pembangunan.