Pemkab Bojonegoro dan Baznas Berkolaborasi Tingkatkan Penghimpunan ZIS

Pemkab Bojonegoro dan Baznas Akan Berkolaborasi untuk Penghimpunan Zakat dan Infaq, Bantu Atasi Problem Sosial

Bojonegoro,- Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merapatkan barisan dalam upaya optimalisasi penghimpunan zakat, infak, dan shodaqoh (ZIS). Komitmen ini diumumkan dalam acara ta’aruf pimpinan dan optimalisasi pengumpulan ZIS di gedung Angling Dharma Lt. 2 gedung Pemkab Bojonegoro, Senin (4/3/2024).

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto, yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bojonegoro Bidang Ekonomi, Hanafi, menegaskan bahwa Pemkab Bojonegoro akan memberikan instruksi kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membayar zakat melalui Baznas. "Pemkab Bojonegoro siap berkolaborasi bersama Baznas dalam pemberian bantuan kepada masyarakat agar sesuai dan tepat sasaran," jelasnya.

Hanafi juga memproyeksikan fokus Pemkab Bojonegoro dalam menangani isu-isu nasional, seperti kemiskinan ekstrem, stunting, pendidikan, inflasi, dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dukungan dari semua pihak, khususnya ASN, dalam menyalurkan zakat ke Baznas sesuai instruksi pemerintah diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam penanggulangan berbagai masalah tersebut.

"Saatnya Baznas lebih banyak berperan dalam program-program penanggulangan stunting, pendidikan, antisipasi inflasi, dan pengembangan UMKM," tambahnya.

Ketua Baznas Bojonegoro, Wakhid Priyono, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Baznas dalam mengentaskan permasalahan sosial. Ia juga mengajak seluruh pihak untuk terus mendukung Baznas dan memperkuat ZIS agar lebih banyak manfaatnya yang dapat disalurkan ke masyarakat. "Baznas Kabupaten Bojonegoro terus mendorong penguatan ZIS di lingkungan ASN dan masyarakat," ujarnya dengan semangat. 

Kerjasama yang erat antara Pemkab Bojonegoro dan Baznas menjanjikan dampak positif yang lebih besar dalam peningkatan kesejahteraan dan pembangunan di tingkat lokal.