Pemkab Bojonegoro Siapkan Angkutan Lebaran 2024 dengan Fokus pada Kesiapan Mitigasi Bencana

Rapat Sinkronisasi dan Sinergitas Penyelenggara Angkutan Lebaran (Dok. Pemkab Bojonegoro)
Rapat Sinkronisasi dan Sinergitas Penyelenggara Angkutan Lebaran (Dok. Pemkab Bojonegoro)

Bojonegoro,- Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Perhubungan, menggelar rapat sinkronisasi dan sinergitas penyelenggara angkutan lebaran tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Partnership lt. 4 gedung Pemkab Bojonegoro pada Selasa (26/03/2024), sebagai langkah untuk memastikan kesiapan dan ketepatan mitigasi kebencanaan saat mudik-balik lebaran.

Perkembangan Arus Lalu Lintas dan Mitigasi Bencana

Asisten II Sekretariat Daerah Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur, menyoroti perkembangan arus lalu lintas di Bojonegoro yang cenderung padat, terutama arah jalan tol dari utara ke selatan. Dia juga menekankan bahwa kepadatan arus lalu lintas dipengaruhi oleh bencana banjir di wilayah Demak dan prakiraan curah hujan yang tinggi. Untuk mengatasi hal ini, Pemkab Bojonegoro berkomitmen untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat pemudik.

Antisipasi Peningkatan Jumlah Pemudik

Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro, Andik Sudjarwo, menyampaikan bahwa diprediksi jumlah pemudik akan meningkat pada tahun ini, seiring dengan hasil survei Kementerian Perhubungan yang memperkirakan jumlah pemudik mencapai 193,6 juta orang. Untuk mengantisipasi kebencanaan dalam arus mudik-balik, Dinas Perhubungan bersama stakeholder lain terus memastikan kelancaran para pemudik.

Persiapan dan Layanan Angkutan Lebaran

Dinas Perhubungan Bojonegoro telah menyiapkan berbagai posko pelayanan angkutan lebaran terpadu, termasuk di simpang tiga Jl Ahmad Yani dan rest area di lokasi pengujian kendaraan bermotor di Jl. Raya Sukowati 413 Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Layanan rest area akan dimulai dari tanggal 3 hingga 17 April 2024, dengan fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan para pemudik.

Mudik Gratis dan Imbauan untuk Penyedia Jasa Angkutan

Pada tanggal 7 April 2024, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur akan menyelenggarakan mudik gratis dari Surabaya ke Bojonegoro, serta dari Jakarta ke Bojonegoro-Babat-Lamongan. Andik Sudjarwo juga mengimbau penyedia jasa angkutan untuk mempersiapkan kendaraan yang memenuhi persyaratan teknis dan tetap mematuhi rambu lalu lintas.

Kolaborasi untuk Angkutan Lebaran yang Aman dan Nyaman

Turut hadir dalam rapat sinergitas penyelenggara angkutan di Bojonegoro tahun 2024 adalah perwakilan dari berbagai instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan Bojonegoro, Polres Bojonegoro, Kodim 0813 Bojonegoro, Dishub Provinsi Jawa Timur, serta OPD terkait lainnya. Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama dalam mewujudkan angkutan lebaran yang aman, nyaman, dan terorganisir dengan baik.