Sosialisasi Pangan B2SA Transformasi Kesehatan Bersama TP PKK Bojonegoro

Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pangan Bergizi Seimbang, Wujudkan Masyarakat Sehat Produktif

Bojonegoro,- Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), melakukan sosialisasi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) kepada para Ketua Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan anggota Pokja 3 Se-Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan yang dilaksanakan di gedung PKK Bojonegoro pada Jumat (1/3/2024) ini bertujuan untuk mendorong terwujudnya masyarakat yang sehat dan produktif.

Pj Ketua TP PKK Bojonegoro, Dian Adiyanti Adriyanto, dalam sambutannya menyoroti pentingnya variasi dalam pola makan masyarakat. Beliau mengingatkan bahwa selain nasi, terdapat banyak olahan dari singkong dan jagung yang juga dapat menjadi sumber karbohidrat yang bergizi. "Banyak olahan dari karbohidrat, walaupun enak harus kita seimbangkan," ujarnya.

Adriyanto juga mengajak masyarakat untuk selalu memperhatikan 'isi piringku' dan mengusulkan kolaborasi antara DKPP dengan Dinas Pendidikan untuk menyosialisasikan pola makan sehat sejak dini kepada anak-anak sekolah.

Kepala DKPP Bojonegoro, Helmi Elisabeth, menambahkan bahwa konsumsi pangan masyarakat masih didominasi oleh beras sebagai sumber karbohidrat, sedangkan konsumsi pangan hewani, buah, dan sayur masih kurang. "Sampai saat ini masih kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya beragam pangan," jelasnya.

Langkah sosialisasi ini juga merupakan bagian dari upaya DKPP Bojonegoro dalam menjalin sinergi program dengan OPD lain dalam angka percepatan penanganan stunting. Peran ibu-ibu dalam penyajian makanan di dalam keluarga sangat penting, dan diharapkan dengan sosialisasi ini, para ibu dapat memahami pentingnya makanan bergizi dan seimbang untuk keluarga.

Sosialisasi ini turut menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan, dr. Luky Imroah Kabid Kesehatan Masyarakat, yang memberikan wawasan tentang pentingnya pola makan sehat dalam mendukung kesehatan keluarga.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Bojonegoro semakin sadar akan pentingnya pola makan sehat dan beragam untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas.