Bupati Blora Dorong Persiapan Wisata dan Kuliner Jelang Lebaran

Bupati Blora Arief Rohman ajak pelaku wisata dan usaha kuliner untuk bersiap sambut para pemudik jelang maupun paska lebaran sebelum mereka balik ke perantauan
Bupati Blora Arief Rohman ajak pelaku wisata dan usaha kuliner untuk bersiap sambut para pemudik jelang maupun paska lebaran sebelum mereka balik ke perantauan. (Dok. Pemkab Blora)

Blora,- Pada tahun lalu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, mengimbau agar obyek wisata dan pusat kuliner di Kabupaten Blora turut serta bersiap menyambut para pemudik yang datang kembali ke Blora. Himbauan ini disampaikan dalam Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Menghadapi Idul Fitri 1444 H. Agaknya, pesan ini masih relevan untuk dilaksanakan hingga saat ini.

Kesiapan Wisata dan Kuliner

Bupati menyampaikan pentingnya persiapan obyek wisata dan pusat kuliner agar siap menyambut para pemudik. "Selain menyiapkan tempat-tempat wisata yang ada di Blora, juga pusat-pusat kuliner agar disiapkan," ungkap Bupati Blora saat acara tersebut.

Kenyamanan dan Keamanan Pemudik

Bupati Blora ingin memastikan para pemudik merasa aman dan nyaman saat kembali ke Blora. Oleh karena itu, persiapan jelang lebaran perlu dilakukan secara matang melibatkan lintas sektor, termasuk jajaran Polres, Dinas terkait, dan instansi lainnya.

Komitmen untuk Suasana Lebaran yang Aman dan Nyaman

Dalam mempersiapkan Lebaran Hari Raya Idul Fitri, Bupati Blora menekankan pentingnya sinergi antara Pemkab, Polres, Kodim, Batalyon 410/Alugoro, serta seluruh pihak terkait. Tujuannya adalah menciptakan suasana Blora yang aman, nyaman, dan tentram selama libur lebaran.

Persiapan Pengamanan dan Layanan Kesehatan

Untuk memastikan kelancaran lalu lintas arus mudik di wilayah Blora, Polres Blora telah menyiapkan sejumlah pos pengamanan. Selain itu, fasilitas layanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit juga disiapkan, termasuk penambahan dokter di UGD rumah sakit.

Antisipasi Potensi Kerawanan

Pihak terkait juga melakukan antisipasi terhadap potensi kerawanan, seperti perlintasan kereta tanpa palang dan jalur-jalur rawan kecelakaan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan selama libur lebaran.

Pengawasan di Tempat Wisata dan Pengaturan Jalur

BPBD dan dinas terkait diminta untuk memberikan pengawasan di tempat wisata, termasuk faktor keselamatan di wisata air. Selain itu, perlintasan kereta tanpa palang dan jalur-jalur rawan kecelakaan juga akan mendapat perhatian khusus.

Penyediaan Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran

Dinas Kesehatan Blora telah menyiapkan fasilitas kesehatan dan petugasnya selama libur lebaran, termasuk pembentukan posko kesehatan di beberapa lokasi strategis di Blora.

Dengan persiapan yang matang dan sinergi antarinstansi, terbukti lebaran tahun lalu dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar di Kabupaten Blora.