Cabang Dinas ESDM Kendeng Selatan Bantu PMDH Alasrejo Sambongrejo dengan Instalasi Biogas

Cabang Dinas ESDM Wilayah Kendeng Selatan Provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan instalasi biogas kepada Perkumpulan Masyarakat Desa Hutan (PMDH) Alasrejo Sambongrejo.
Cabang Dinas ESDM Wilayah Kendeng Selatan Provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan instalasi biogas kepada Perkumpulan Masyarakat Desa Hutan (PMDH) Alasrejo Sambongrejo.

Blora,- Rabu (24/04/2024), Perkumpulan Masyarakat Desa Hutan (PMDH) Alasrejo Sambongrejo secara resmi menerima bantuan instalasi biogas dari Cabang Dinas ESDM Wilayah Kendeng Selatan Provinsi Jawa Tengah. Acara peluncuran penggunaan biogas dihadiri oleh Kepala Cabang ESDM Wilayah Kendeng Selatan, Teguh Yudi Pristiyanto, S.H., M.M, bersama Ketua PMDH Alasrejo, Pramugi Prawiro Wijoyo.

Bantuan Berupa Teknologi Ramah Lingkungan

Menurut Teguh Yudi, bantuan ini merupakan stimulan yang diberikan kepada masyarakat Samin Sedulur Sikep dan terdiri dari digester, 6 buah kompor gas, dan sebuah lampu. Digester ini berfungsi untuk menampung gas metan hasil penguraian bahan organik, seperti kotoran sapi, oleh bakteri. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan manfaat penggunaan biogas bisa segera dirasakan oleh para Penerima Manfaat.


Pertimbangan Sosiologis dan Lingkungan

Pemberian bantuan ini tidak hanya didasarkan pada pertimbangan sosiologis, tetapi juga karena adanya jumlah ternak sapi yang cukup besar yang dipelihara oleh PMDH Alasrejo. Desa Sambongrejo sendiri, tempat PMDH ini berdiri, merupakan desa dengan populasi sapi terbesar di Jawa Tengah.

Filosofi Hidup Berdampingan dengan Alam

Pramugi Prawiro Wijoyo, mewakili seluruh anggota PMDH Alasrejo, menyatakan bahwa bantuan teknologi biogas sangat sesuai dengan falsafah kehidupan yang dianut oleh kelompok mereka, yaitu hidup berdampingan dengan alam. Telah lama para anggota PMDH Alasrejo mencoba untuk beralih menggunakan energi terbarukan daripada energi fosil. Bahkan, mereka lebih memilih menggunakan mobil dengan bahan bakar biodiesel saat harus bepergian ke luar kota jika memungkinkan.


Ungkapan Terima Kasih dan Harapan

Pihak masyarakat PMDH Alasrejo menyampaikan rasa terima kasih kepada ESDM Provinsi Jawa Tengah atas bantuan instalasi biogas ini. Mereka berharap dengan adanya bantuan ini, akan mempercepat kemungkinan bagi mereka yang secara keseluruhan merupakan bagian dari masyarakat Adat Samin Sedulur Sikep untuk kembali menggunakan sumber energi yang terbarukan dan mengurangi penggunaan energi fosil, sesuai dengan prinsip hidup mereka, yaitu, berdampingan dengan alam.