Fungsi Partai Sebagai Wadah Berhimpun Menurut Cak Sin Partai PKB Blora

H. Mochamad Mukhlisin, S.Sos.M.H. PKB Blora dalam sebuah pertemuan menyampaikan tentang pentingnya berhimpun, berserikat, berkumpul
H. Mochamad Mukhlisin, S.Sos.M.H. PKB Blora dalam sebuah pertemuan menyampaikan tentang pentingnya berhimpun, berserikat, berkumpul dalam semangat "Sesarengan mBangun Blora yang Berkelanjutan"

Blora,- Semakin menarik memang, ketika mengikuti pemikiran H. Mochamad Mukhlisin, S.Sos.M.H. atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cak Sin. Di Blora, Minggu (07/04/2024), Cak Sin bicara tentang fungsi partai sebagai Wadah Berhimpun bagi setiap warga negara.

"Begini lho, secara teori, fungsi partai itu, pertama, sebagai wadah berhimpun bagi setiap warga negara tanpa membedakan asal-usul, keturunan, suku, golongan, agama maupun profesi," ucap Cak Sin mengawali pembicaraan. 

"Kebutuhan untuk berhimpun, berserikat, berkumpul, itu kan kebutuhan sosial setiap orang, setiap individu," lanjutnya. Dari berhimpun atau berserikat, berkumpul itulah didapatkan beberapa manfaat seperti rasa aman, rasa saling memiliki, semangat gotong-royong untuk "Sesarengan mBangun Blora yang Berkelanjutan". 

"Bersama-sama atau "sesarengan" membangun Blora baik dari sisi materiil maupun spirituil, semua itu tak lepas dari peranan partai PKB di Kabupaten Blora, yang eksistensinya juga disebabkan oleh kesadaran untuk berhimpun, berserikat dan berkumpul setiap anggotanya," jelasnya.

Peran Partai PKB Blora Sebagai Wadah Berhimpun dalam Pembangunan Materiil dan Spirituil

Dalam hal Pembangunan Kabupaten Blora, menurut Cak Sin, tidak hanya terjadi secara materiil, tetapi juga dalam aspek spirituil. "Partai PKB Blora memainkan peran penting dalam menyokong kedua aspek ini. 

"Di sisi materiil, melalui Mas Arief, Bupati Blora, partai telah menjadi katalisator untuk meningkatkan kerjasama dan gotong royong masyarakat dalam pembangunan infrastruktur desa seperti jalan, jembatan, dan irigasi, kemudian program-program ekonomi lokal, seperti pengembangan usaha kecil menengah (UKM), juga didukung oleh partai untuk meningkatkan pendapatan dan menciptakan lapangan kerja," tandasnya.

Sementara itu, dari segi spirituil, masih menurut mantan Sekretaris DPC PKB Blora 2 periode ini, partai telah turut berperan memperkuat nilai-nilai moral dan agama melalui kegiatan-kegiatan seperti Blora Bersholawat, pengajian rutin dan kegiatan keagamaan lainnya. 

"Rasa persatuan dan kesatuan juga diperkuat melalui berbagai acara yang diadakan oleh partai, seperti perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia atau karnaval budaya. Selain itu, partai juga mendukung pelestarian tradisi dan budaya lokal melalui festival budaya dan pertunjukan seni," ungkapnya.

Implementasi Konkrit Di Kabupaten Blora

Sejumlah program yang didukung partai PKB melalui Mas Arief, Bupati Blora, dinilai telah berhasil membawa perubahan positif bagi masyarakat Blora. Program "Sambang kadang kekurangan", misalnya, yang diampu Dinas Sosial P3A Blora, berhasil melayani para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial di Blora. 

Kelompok Tani, yang didukung oleh partai, telah membantu petani mendapatkan akses ke pupuk bersubsidi, pelatihan, dan akses pasar, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka. 

"Satu lagi, yang luput dari perhatian, Karnaval Budaya Blora juga menjadi bukti nyata bagaimana partai secara tak langsung turut serta dalam melestarikan budaya lokal dan memperkuat rasa persatuan masyarakat," imbuhnya.

Bersatu dan Berhimpun Menuju Masa Depan Lebih Baik

Dengan kolaborasi dan solidaritas yang dijaga melalui partisipasi aktif dalam Partai PKB Blora, masyarakat Blora memiliki potensi besar untuk mencapai masa depan yang lebih baik. 

"Bersama-sama, 'sesarengan', kita akan terus memperjuangkan pembangunan yang berkelanjutan, baik dalam hal materiil maupun spirituil, untuk meningkatkan kualitas hidup semua warga Kabupaten Blora," pungkasnya.