Pencairan Dana Desa Blora: Tahap Pertama Sudah Cair, Tahap Kedua Akan Disalurkan Sebelum Lebaran

Kepala BPPKAD Blora Menjawab Keresahan Kepala Desa, Pencairan Tahap Pertama Telah Direalisasikan, Sisa Akan Disalurkan Sebelum Cuti Bersama
Kepala BPPKAD Blora Menjawab Keresahan Kepala Desa, Pencairan Tahap Pertama Telah Direalisasikan, Sisa Akan Disalurkan Sebelum Cuti Bersama. (Dok. BPPKAD Blora Facebook)

Blora, - Keresahan yang dirasakan ratusan Kepala Desa dan Perangkatnya di Kabupaten Blora terkait lambatnya pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa mendapat tanggapan dari Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Blora, Slamet Pamudji. Menurut Bah Mumuk panggilan akrab Slamet Pamudji, Kamis (04/04/2024), pencairan telah dilakukan pada tahap pertama untuk 124 desa di 8 kecamatan, dengan sisanya direncanakan akan diselesaikan sebelum cuti bersama pada Jumat (05/04/2024).

Pencairan Tahap Pertama Telah Terealisasi

Pada hari Selasa, 2 April 2024, pencairan ADD tahap pertama telah dilaksanakan untuk 124 desa di 8 kecamatan dengan total sebesar Rp. 10,6 miliar. Mumuk, panggilan akrab Kepala BPPKAD Blora, memastikan bahwa sisanya akan diselesaikan pada hari Jumat tersebut, setelah memenuhi persyaratan administratif.

Tahap Kedua Siap Disalurkan Sebelum Lebaran

Keprihatinan para Kepala Desa dan perangkatnya yang merasa resah karena dana tersebut akan digunakan untuk merayakan Idul Fitri, kini telah mendapat kepastian. Sekretaris Daerah Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi, menyampaikan bahwa pencairan ADD tahap kedua senilai Rp. 37,080 miliar untuk 271 desa akan disalurkan sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Kesiapan Pemerintah Daerah

Sekretaris Daerah juga melaporkan bahwa semua pengajuan ADD telah diproses, dan pencairan tahap kedua direncanakan sebelum cuti bersama. Hal ini memberikan kelegaan bagi para penerima manfaat Dana Desa yang telah menantikan pencairan tersebut untuk persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri.