Desa Wisata Bangowan Tembus 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

saung limasan untuk melihat view dari puncak bukit Bangowan

Blora,– Desa Wisata (Dewis) Bangowan di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, berhasil menembus 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Pengumuman ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada Jumat (24/5/2024). Dari 100 desa wisata yang terpilih, tujuh di antaranya berasal dari Jawa Tengah, termasuk Desa Wisata Bangowan.

Daftar Nominasi Desa Wisata 2024

Kemenparekraf Mengumumkan 100 Besar ADWI 2024

Dalam pengumuman yang disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Desa Wisata Bangowan berada di antara tujuh desa wisata terbaik dari Jawa Tengah yang berhasil masuk ke dalam daftar 100 besar ADWI 2024. Selain Desa Wisata Bangowan, desa-desa lain dari Jawa Tengah yang juga masuk ke dalam daftar ini adalah Desa Wisata Karangsambung di Kabupaten Kebumen, Desa Wisata Pesona Gunung Prau di Kabupaten Wonosobo, Desa Wisata Wanurejo di Kabupaten Magelang, Desa Wisata Kebondalem Kidul di Kabupaten Klaten, Desa Wisata Sendangsari di Kabupaten Rembang, dan Desa Wisata Muncar Moncer di Kabupaten Temanggung.

Pertunjukan wayang krucil sebagai daya tarik produk budaya non benda

Sambutan dan Harapan Pejabat Kabupaten Blora

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Iwan Setiyarso, S.Sos., M.Si., mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini. "Pencapaian ini patut disyukuri karena persaingan tahun ini semakin ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi tahun ini ada 6.016 desa wisata yang terdaftar ikut serta,” kata Iwan Setiyarso pada Sabtu (25/5/2024) malam.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar, Yeti Romdonah, SE., MM., menambahkan bahwa meskipun telah berhasil menembus 100 besar, pihaknya berharap Desa Wisata Bangowan bisa masuk ke dalam nominasi 50 terbaik se-Indonesia. “Mohon doanya semoga masuk 50 terbaik,” harapnya.

Minuman tradisional Desa Wisata Bangowan yang menyehatkan

Ucapan Terima Kasih dari Pengelola Desa Wisata Bangowan

Hanif Massadini, salah satu pengelola Desa Wisata Bangowan, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan. "Terima kasih atas doa dan dukungan semua pihak, khususnya warga Desa Bangowan serta semangat dan upaya rekan-rekan Pokdarwis,” tuturnya. Hanif berharap kedepannya akan ada peningkatan yang lebih baik dalam menggeliatkan pariwisata di Desa Bangowan dan Kabupaten Blora.