Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Blora Turut Sukseskan "KomandanTe Stelsel"

HM Dasum :  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Blora mengimplementasikan "KomandanTe Stelsel" sebagai strategi unik dalam Pemilu Legislatif 2024 di Jawa Tengah.
HM Dasum :  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Blora mengimplementasikan "KomandanTe Stelsel" sebagai strategi unik dalam Pemilu Legislatif 2024 di Jawa Tengah.

Blora,- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) di Blora sebagai bagian DPD PDIP Jawa Tengah, telah mengikuti gebrakan baru dalam kancah politik Indonesia, dengan menerapkan strategi pemenangan yang unik, yang dikenal sebagai "KomandanTe Stelsel," pada pagelaran Pemilu Legislatif 2024. Konsep ini sendiri menandai komitmen PDIP untuk memperkokoh kesatuan dan semangat gotong royong di dalam partai.

Lahirnya Konsep KomandanTe Stelsel

Ketua DPC PDI Perjuangan Blora, HM Dasum, Kamis (09/05/2024), mengungkapkan bahwa strategi KomandanTe lahir sebagai respons terhadap dinamika politik yang semakin kompleks di Indonesia. Dengan sistem Pemilu Legislatif proporsional terbuka, PDIP merasa perlunya strategi untuk meminimalisir persaingan internal yang berpotensi merugikan partai secara keseluruhan.

Uji Coba dan Keberhasilan Awal

Sebelum diterapkan secara luas di Jawa Tengah, strategi KomandanTe telah diuji coba di dua daerah, yakni Wonogiri dan Banyumas. "Hasilnya mengesankan, dengan peningkatan jumlah kursi parlemen di Wonogiri yang drastis pada Pemilu Legislatif 2019. Hal ini menunjukkan efektivitas KomandanTe dalam meningkatkan jumlah kursi parlemen serta memperkokoh soliditas partai dan semangat kegotongroyongan di antara caleg PDIP," ungkap HM Dasum.

protes caleg terpilih tidak akan mengubah aturan yang sudah disepakati.

Tantangan dan Protes

Namun, seperti inovasi lainnya, penerapan KomandanTe Stelsel tidak lepas dari tantangan. Beberapa caleg PDIP mengalami ketidakpuasan, terutama mereka yang memiliki suara tinggi namun tidak dilantik sebagai anggota DPRD karena tidak memenuhi syarat seperti pada mekanisme KomandanTe Stelsel. Meskipun demikian, pimpinan partai menegaskan bahwa protes caleg terpilih tidak akan mengubah aturan yang sudah disepakati.

Mekanisme Penggantian Caleg Terpilih

PDI Perjuangan memastikan bahwa penggantian caleg terpilih dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk prosedur yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini menegaskan komitmen partai untuk menjaga konsistensi dengan hukum yang berlaku.

KomandanTe Stelsel sebagai Inovasi dan Komitmen PDIP

Menurut Dasum, strategi KomandanTe Stelsel merupakan sebuah terobosan yang mencerminkan inovasi dan komitmen PDI Perjuangan dalam menghadapi dinamika politik di Indonesia. "Meskipun tidak lepas dari kritik dan tantangan, strategi ini menjadi bagian integral dari upaya partai untuk memperkokoh soliditas internal dan memastikan kemenangan pada level legislatif," pungkasnya.