Bupati Blora Terpesona Lihat Terminal Bus Tipe A Cepu Kini

Bupati Blora bersama para pengelola Terminal Penumpang Tipa A Cepu

Cepu,- Bupati Blora, H. Arief Rohman, mengungkapkan kekagumannya terhadap hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu yang didanai oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dengan anggaran sebesar Rp32 miliar. Dalam sidak yang dilakukan pada Kamis (13/6/2024), Bupati Arief menyatakan bahwa terminal ini merupakan yang terbaik di wilayah perbatasan Jawa Tengah - Jawa Timur.

Peninjauan Fasilitas Terminal oleh Bupati

Didampingi oleh petugas piket terminal, Biyoto, Bupati Blora Arief Rohman meninjau berbagai fasilitas di Terminal Cepu yang dibangun sejak tahun 2023. Fasilitas yang dikunjungi meliputi ruang tunggu penumpang, mushola, toilet, ruang kios PKL, pujasera, kios penjual tiket bus, ruang tunggu bus, jalur masuk dan keluar, serta ruangan kantor terminal yang dilengkapi dengan ruang pelayanan informasi dan sekretariat.

"Pembangunan terminal ini sudah selesai dan sudah mulai beroperasi. Hanya saja untuk kios PKL dan pujasera masih menunggu pengisian. Untuk kapan peresmiannya, kami masih menunggu info dari pusat," jelas Biyoto kepada Bupati Arief.

Kondisi terminal penumpang Tipe A Cepu pada pertengahan Juni 2024

Pengakuan Bupati Terhadap Kualitas Terminal

Bupati Arief, yang dikenal akrab dengan sapaan Mas Arief, menyatakan terkesan dengan kualitas pembangunan terminal tipe A Cepu oleh Kementerian Perhubungan. Dia menilai terminal ini menjadi yang terbaik di wilayah perbatasan Jateng - Jatim.

"Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan atas bantuan pembangunan terminal Cepu yang tadinya sudah banyak kerusakan. Semoga dengan bangunan baru ini semakin banyak armada bus antar kota antar provinsi yang membuka jalur dan singgah kesini. Apalagi ini sangat strategis di persimpangan wilayah Cepu Raya (Blora - Bojonegoro - Ngawi)," ungkap Mas Arief.

Harapan Bupati untuk Pengelolaan Terminal

Dalam kunjungannya, Bupati Arief juga berpesan kepada pengelola terminal agar kios PKL dan pujasera tetap mengutamakan pedagang lama. "Nanti tolong untuk PKL yang masuk diutamakan para pedagang lama ya Pak. Itu tadi mushollanya juga bagus, tinggal dikasih tulisan. Untuk pagar yang kurang bagian Timur semoga nanti bisa diajukan lagi untuk kelanjutannya ke pusat," ujarnya.

Bupati Blora di depan Terminal penumpang Tipe A Cepu

Proses Revitalisasi Terminal Cepu

Pembangunan Terminal Tipe A Cepu, Blora, mulai direvitalisasi oleh Kementerian Perhubungan RI sejak Juni 2023 dengan anggaran total sebesar Rp32 miliar secara multiyears hingga bulan lalu. Groundbreaking Revitalisasi Terminal Cepu dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Irjen Pol. Drs. Hendro Sugiatno, anggota DPR RI Sudewo, ST, dan Bupati Blora Arief Rohman.