Penanaman Ribuan Pohon di Blora untuk Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Bupati Blora apresiasi dukungan PT Pertamina EP Asset 4 Zona 11 Field Cepu pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Blora,- Bupati Blora, Arief Rohman, memimpin kegiatan penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus pada hari Rabu, (12/06/2024). Acara ini merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini dan turut melibatkan berbagai pihak dari sektor pemerintah, BUMN/BUMD, akademisi, hingga masyarakat umum.

Partisipasi Luas dan Dukungan Berbagai Pihak

Penanaman pohon sepanjang 3,5 km ini tidak hanya dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Blora, Istadi, tetapi juga oleh perwakilan dari BUMN/BUMD, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Blora, camat, pengusaha, kelompok masyarakat, akademisi, generasi muda, dan media massa. 

"Partisipasi yang luar biasa dari masyarakat di Desa Sumber dan sekitarnya menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan. Saya memilih lokasi ini karena Desa Sumber merupakan pusat sumber energi di Indonesia," kata Bupati Arief Rohman.

Bupati Blora menuju lokasi Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia

Dukungan dari Pertamina dan Perusahaan Lokal

Acara ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk PT. Pertamina EP Asset 4 Zona 11 Field Cepu, PT. Bank BPD Jateng Cabang Blora, PT. Super Petrindo Perkasa, dan Eco Enzym Nusantara Blora. Bupati Arief menyampaikan rasa senangnya atas keterlibatan Pertamina dalam kegiatan ini, mengingat lokasi penanaman berada di kawasan energi strategis nasional.

"Saya sangat senang penanaman ini juga didukung oleh Pertamina EP Asset 4 Zona 11 Field Cepu. Dengan menggunakan eco enzym, kita berusaha mengurangi pencemaran lingkungan," jelas Bupati Arief.

Anak-anak dan generasi muda Blora turut peringati Hari Lingkungan Hidup sedunia

Antusiasme Generasi Muda

Bupati Arief juga mengapresiasi antusiasme dan semangat para pelajar yang turut serta dalam kegiatan penanaman pohon. "Momen ini sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai pelestarian lingkungan sejak dini. Dukungan dari semua pihak sangat berarti dalam upaya menjaga dan melindungi lingkungan hidup di Kabupaten Blora," ujarnya.

Dukungan dari Pengamat Ekonomi dan Sosial

Pengamat Ekonomi dan Sosial Blora, Kurnia Adi, menyatakan dukungannya terhadap acara ini. Menurutnya, kegiatan ini menjadi momentum untuk menata pengelolaan energi migas di Kabupaten Blora, serta mendorong ekonomi hijau dan industrialisasi.

"Dengan keterlibatan Pertamina EP Asset 4 Zona 11 Field Cepu, ini adalah kesempatan untuk memperbaiki pengelolaan energi migas di Blora, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan mengarah pada ekonomi hijau. Ini juga membuka peluang peningkatan industrialisasi dengan memanfaatkan energi gas yang ada di Blora," ujarnya.