Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., Mendukung Pemajuan Budaya Blora Melalui Kunjungan ke Puro Mangkunegaran

Diskusi intens antara Bupati Blora dengan Kanjeng Mangkunegara Surakarta

Surakarta,- Dalam misi pemajuan kebudayaan Blora, Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., mengadakan kunjungan ke Puro Mangkunegaran di Kota Surakarta. Kunjungan ini menjadi momen penting bagi pemerhati Budaya Blora dan menarik perhatian para penggiat kebudayaan. Bupati Blora, yang akrab disapa Gus Arief, berharap kunjungan ini akan memberikan dukungan yang kuat bagi pengembangan budaya Blora.

Ketika berkunjung ke Puro Mangkunegaran, Bupati Blora didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Ainia Shalichah. Mereka disambut dengan hangat oleh Raja Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Pertemuan ini merupakan kesempatan berharga bagi kedua belah pihak untuk berdiskusi tentang upaya sinergi dalam memajukan kebudayaan tradisional khas daerah masing-masing.

Membahas Potensi Seni Budaya Blora

Diskusi hangat dan santai antara Bupati Blora dan Raja Mangkunegara X berlangsung selama sekitar 30 menit. Sambil menikmati hidangan teh hangat dan kue yang disajikan oleh abdi dalem Mangkunegaran, mereka membahas potensi seni budaya Blora, seperti Barongan, Tayub, Sedulur Sikep Samin, Wayang Kulit, dan lainnya. Bupati Arief sangat antusias menyampaikan potensi budaya Blora kepada Raja Mangkunegara X.

Bupati Arief mengungkapkan kegembiraannya setelah bertemu dengan Kanjeng Mangkunegara X, Bhre Sudjiwo. Ia menggambarkan Raja Mangkunegara X sebagai sosok yang cerdas, pintar, visioner, dan penuh semangat dalam menjaga dan mengembangkan warisan budaya. Mereka sepakat untuk menjalin kerjasama dalam pemajuan budaya tradisional Blora dan Mangkunegaran.

KGPA Mangkunegara mengalungkan Samir Mangkunegaran kepada Bupati Blora

Apresiasi Mangkunegara X atas Upaya Pemajuan Budaya Blora

"Kami berharap Mangkunegaran dapat mendukung pengembangan budaya Blora. Kami berencana untuk membuat konsep event budaya bersama, serta mengundang Raja Mangkunegara X ke Blora dalam rangkaian Hari Jadi di bulan Desember mendatang. Kami ingin bersama-sama menggali dan memperkaya budaya nenek moyang kita," ungkap Bupati.

Kanjeng GPH Bhre Sudjiwo juga menyambut baik kunjungan Bupati Blora. Ia mengapresiasi upaya Bupati dalam memperkuat pemajuan budaya Blora. Kanjeng GPH Bhre Sudjiwo berkomitmen untuk mendukung kolaborasi dan sinergi antara Blora dan Mangkunegaran dalam melestarikan kekayaan budaya daerah masing-masing.

Pada akhir pertemuan, Kanjeng GPH Bhre Sudjiwo mengantar Bupati Blora keluar menuju halaman Puro Mangkunegaran. Acara tersebut turut dihadiri oleh Asisten Administrasi Sekda Blora, Camat Blora Kota, serta sejumlah warga Mangkunegaran yang berasal dari Blora. Kunjungan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara Blora dan Mangkunegaran dalam menjaga dan mempromosikan budaya Jawa. (HW)