Bupati Blora Akan Tindaklanjuti Catatan dan Masukan dari BPK RI

Pemerintah Kabupaten Blora meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023.
Pemerintah Kabupaten Blora meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023. 

Blora,- Pemerintah Kabupaten Blora meraih prestasi membanggakan dengan memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023. Ini merupakan pencapaian yang membanggakan, menandai kesepuluh kalinya Kabupaten Blora meraih predikat tersebut secara berturut-turut sejak tahun 2014.

Penghargaan Prestisius Disampaikan Langsung

Penghargaan Opini WTP disampaikan secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Hari Wiwoho, kepada Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., dan Wakil Ketua DPRD Blora, Sakijan, SH. Seremoni penyerahan dilakukan di Gedung BPK RI Perwakilan Jateng, Semarang, pada Selasa, 14 Mei 2024. Kabupaten Blora berbagi kebahagiaan tersebut dengan Kabupaten Temanggung.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Blora terhadap Pengelolaan Keuangan yang Baik

Bupati Blora menyatakan bahwa prestasi ini adalah hasil dari komitmen Pemerintah Kabupaten Blora untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai dengan regulasi. Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab, Sekretaris Daerah, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas sinergi yang terjalin. Hal ini dianggap sebagai wujud dedikasi mereka kepada masyarakat Blora.

Opini WTP menunjukkan transparansi dan akuntabilitas keuangan yang menjadi fokus Pemkab Blora.
Opini WTP menunjukkan transparansi dan akuntabilitas keuangan yang menjadi fokus Pemkab Blora. 

Tindak Lanjut atas Hasil Pemeriksaan

Bupati Blora mengaku akan menindaklanjuti catatan dan masukan dari BPK RI sesuai dengan arahan dan ketentuan yang ada. Dia juga berterima kasih kepada Kepala BPK Provinsi Jawa Tengah serta seluruh jajaran atas kepercayaan yang diberikan.

Opini WTP: Bukti Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan

Opini WTP dari BPK RI menunjukkan bahwa LKPD Pemerintah Kabupaten Blora pada tahun 2023 telah disajikan secara jujur, transparan, akuntabel, dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Mas Arief berharap prestasi ini akan memacu jajaran pemerintahannya untuk terus melakukan perbaikan dan pembenahan di masa yang akan datang.

Dorongan Motivasi untuk Lebih Baik

Kepala Perwakilan BPK Jawa Tengah, Hari Wiwoho, berharap bahwa Opini WTP tersebut dapat memberikan motivasi bagi Kabupaten Blora untuk semakin meningkatkan kinerjanya. Prestasi ini dianggap sebagai pencapaian semua pihak dan diharapkan menjadi dorongan bagi seluruh jajaran pemerintahan untuk berkinerja lebih baik.

Penyampaian LKPD Tahun Anggaran 2023

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Blora telah menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023 kepada BPK RI Perwakilan Jawa Tengah pada 15 Maret 2024. Setelah melalui serangkaian audit dan pemeriksaan, prestasi ini menjadi bukti nyata akan komitmen Pemkab Blora terhadap transparansi dan akuntabilitas keuangan.