Pemkab Bojonegoro Luncurkan Integrasi Layanan Primer dan Program Lansia Sembada

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Menggelar Peluncuran Integrasi Layanan Primer dan Lansia Sembada. (Foto: Pemkab Bojonegoro)
Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Menggelar Peluncuran Integrasi Layanan Primer dan Lansia Sembada. (Foto: Pemkab Bojonegoro)

Bojonegoro,- Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengadakan acara peluncuran Integrasi Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada Kabupaten Bojonegoro. Acara ini berlangsung di Balai Desa Turigede Kecamatan Kepohbaru pada Selasa (30/4/2024).

Pj Bupati Bojonegoro Menggarisbawahi Pentingnya Kesehatan Lansia

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro, Adriyanto, menyatakan harapannya bahwa dengan diluncurkannya ILP dan Lansia Sembada, lansia di Bojonegoro akan semakin sehat, aktif, dan terus berkontribusi. Dia menekankan bahwa pelayanan kesehatan adalah hak semua masyarakat, dan pemerintah bertanggung jawab untuk memastikan pemenuhan hak tersebut.

Dinkes Bojonegoro Terus Berupaya Memenuhi Hak Kesehatan Masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro, Ani Pujiningrum, menjelaskan bahwa pemerintah kabupaten telah berupaya memenuhi hak kesehatan masyarakat dari bayi hingga lansia. Integrasi layanan primer dilakukan melalui konsep perubahan cara kerja di seluruh puskesmas dengan mengkoordinasikan pelayanan kesehatan primer berdasarkan siklus kehidupan.

Program Lansia Sembada untuk Kesehatan dan Kemandirian Lansia

Seiring dengan peningkatan jumlah lansia dan risiko kesehatan yang meningkat, Dinas Kesehatan Bojonegoro menginisiasi program Lansia Sembada. Program ini bertujuan untuk membuat lansia menjadi lebih sehat, mandiri, bahagia, dan berdaya. Melalui skrining kesehatan rutin dan pemberian suplemen, program ini ditargetkan dapat menjangkau ribuan lansia di Kabupaten Bojonegoro.

Peluncuran ILP dan Lansia Sembada Menandai Komitmen Pemkab Bojonegoro terhadap Kesehatan Masyarakat

Peluncuran Integrasi Layanan Primer dan Lansia Sembada menandai komitmen Pemkab Bojonegoro untuk memperkuat pelayanan kesehatan primer dan meningkatkan kualitas hidup lansia di wilayah tersebut. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan dari berbagai instansi dan kader kesehatan.