Dukungan Finansial Pemkab Bojonegoro bagi BUM Desa

Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro Nurul Azizah bersama Tim Penilai Lomba BUM Desa Provinsi Jawa Timur

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong kemandirian desa. Pada Selasa (25/6/2024), Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro, Nurul Azizah, mengumumkan bahwa Pemkab Bojonegoro telah memberikan bantuan keuangan sebesar Rp 100 juta kepada BUM Desa Pungpungan di Kecamatan Kalitidu. 

"Bantuan ini diharapkan dapat mendorong kemandirian dalam pengelolaan keuangan dan meningkatkan daya saing BUM Desa dalam pengelolaan pusat usahanya," ungkap Nurul Azizah saat menyambut Tim Penilai Lapang Lomba BUM Desa Provinsi Jawa Timur di Gedung Putih Pemkab Bojonegoro.

Penilaian Lapangan oleh Tim Provinsi

Kedatangan Tim Penilai dari Provinsi Jawa Timur, yang diketuai oleh Endah Binawati, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa Dinas PMD Provinsi Jatim, menjadi momen penting bagi BUM Desa di Bojonegoro. Menurut Endah, salah satu BUM Desa di Bojonegoro telah berhasil masuk dalam enam besar BUM Desa terbaik di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023, bahkan meraih peringkat pertama.

"Kami berharap prestasi ini dapat dipertahankan pada tahun 2024," ujar Endah Binawati. 

Konsistensi Bojonegoro dalam Lomba BUM Desa

Lomba BUM Desa yang diikuti oleh 27 peserta dari seluruh Jawa Timur ini menunjukkan keberagaman dan inovasi dalam pengelolaan BUM Desa. Bojonegoro menjadi salah satu kabupaten yang konsisten dalam mengikuti lomba ini sejak tahun 2015. Pemkab Bojonegoro selalu memberikan perhatian khusus melalui pembiayaan dan pendampingan yang intensif.

"Pemkab Bojonegoro luar biasa dalam membina BUM Desanya. Kami akan menilai langsung di lapangan untuk BUM Desa Berkah, Desa Pungpungan Kecamatan Kalitidu. Terimakasih sudah menerima kami di sini," pungkas Endah Binawati.