BPBD Blora Dirikan Pos Komando Tanggap Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor, dan Angin Topan 2024

Posko ini berlokasi di BPBD Blora dan telah beroperasi mulai 1 Maret 2024 hingga 30 April 2024.
Posko ini berlokasi di BPBD Blora dan telah beroperasi mulai 1 Maret 2024 hingga 30 April 2024. (Dok Pemkab Blora)

Blora,- Pemerintah Kabupaten Blora telah mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor, dan angin topan untuk tahun 2024. Posko ini berlokasi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) jalan raya Blora-Cepu Km.5, Desa Seso, Kecamatan Jepon.

Mulyowati: Posko Telah Beroperasi Mulai 1 Maret 2024 hingga 30 April 2024

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora, Dra. Mulyowati, MM, mengatakan bahwa posko ini telah beroperasi mulai 1 Maret 2024 hingga 30 April 2024. Ia menyebut bahwa pembentukan posko ini dilakukan setelah banyaknya bencana, terutama di Jawa Tengah, termasuk Kabupaten Blora.

Pos komando ini melibatkan lintas sektoral seperti TNI, Polri, Kejaksaan, Relawan, BPBD, Tim TRC, Sat Pol PP, Kecamatan, Tim Kesehatan, dan Kominfo.
Pos komando ini melibatkan lintas sektoral seperti TNI, Polri, Kejaksaan, Relawan, BPBD, Tim TRC, Sat Pol PP, Kecamatan, Tim Kesehatan, dan Kominfo. (Dok Pemkab Blora)

Lintas Sektor Terlibat dalam Pos Komando Tanggap Darurat

Kalaksa BPBD Blora, Mulyowati, menambahkan bahwa peserta atau petugas Pos Komando terdiri dari lintas sektoral. Ini melibatkan pihak TNI, Polri, Kejaksaan, Relawan, BPBD, Tim TRC, Sat Pol PP, Kecamatan, Tim Kesehatan, dan Kominfo. Mereka bekerja sebagai satu kesatuan untuk menghadapi bencana yang mungkin terjadi di Kabupaten Blora, dengan pembagian dua shift, yaitu pagi dan malam.

Status Siaga Darurat untuk Kekeringan 2024 Juga Akan Ditetapkan

Mulyowati juga menyebutkan bahwa berdasarkan informasi dari BMKG, untuk bencana kemarau/kekeringan 2024 yang diprediksi cukup panjang, pihaknya juga akan menetapkan SK Bupati terkait dengan pembentukan status siaga darurat untuk kekeringan. "Insya Allah, nanti juga akan mendirikan Posko Tanggap Darurat untuk bencana kekeringan tahun 2024," tuturnya.