Cuaca Jawa Tengah Masih Akan Dikuasai Hujan, Pemprov Siap Modifikasi Cuaca

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, memberikan peringatan kepada masyarakat mengenai cuaca ekstrem yang diprediksi akan mengguyur Jawa Tengah dalam seminggu ke depan.
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, memberikan peringatan kepada masyarakat mengenai cuaca ekstrem yang diprediksi akan mengguyur Jawa Tengah dalam seminggu ke depan.

Semarang,- Saat masyarakat merayakan Lebaran dengan sukacita, Jawa Tengah bersiap menghadapi tantangan cuaca ekstrem. Sepekan ke depan diprediksi akan diselimuti oleh hujan dengan intensitas dari sedang hingga tinggi. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, dengan tegas mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menghadapi potensi dampak cuaca yang merugikan.

Imbauan Nana Sudjana

Dalam keterangannya setelah meninjau arus balik Lebaran 2024 di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, pada Sabtu (13/4/2024), Nana Sudjana mengungkapkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan bahwa hujan diperkirakan akan terus mengguyur Jawa Tengah dalam satu minggu ke depan. Imbauannya kepada masyarakat adalah agar tetap waspada dan siap menghadapi dampak yang mungkin timbul.

Persiapan Antisipatif Pemprov Jateng

Pemprov Jawa Tengah telah mengambil langkah-langkah antisipatif untuk mengurangi dampak buruk dari cuaca ekstrem ini. Seluruh peralatan yang diperlukan telah disiapkan dan dijaga kesiapannya untuk segera digunakan saat situasi membutuhkan. Ini adalah upaya nyata Pemprov Jateng dalam memberikan perlindungan dan kenyamanan kepada masyarakatnya di tengah ancaman cuaca yang tidak dapat diprediksi.

Koordinasi Lintas Instansi

Selain itu, koordinasi yang erat dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BMKG, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di seluruh kabupaten/kota Jawa Tengah tetap berlangsung intensif. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa setiap daerah telah siap menghadapi kemungkinan terburuk akibat cuaca yang tidak bersahabat ini. 

Data Bencana Selama Perayaan Lebaran

Meski cuaca tidak merugikan selama periode Lebaran, data dari Posko Lebaran 2024 Pemprov Jawa Tengah per 12 April 2024 mencatat beberapa kejadian bencana. Diantaranya adalah dua kejadian rob, 11 kejadian tanah longsor, dan beberapa kejadian bencana lainnya. Meskipun kerugian materiil akibat kejadian tersebut mencapai angka yang cukup signifikan, namun tidak ada laporan kejadian yang menonjol secara dramatis.

Pemprov Siap Modifikasi Cuaca

Nana Sudjana juga mengonfirmasi bahwa Pemprov Jawa Tengah telah menyiapkan rencana modifikasi cuaca sebagai respons terhadap cuaca ekstrem. Apabila curah hujan mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, upaya modifikasi cuaca akan segera dilakukan untuk meminimalkan risiko dan kerugian yang mungkin timbul.