Dinkes Blora Siapkan Layanan Kesehatan 24 Jam Selama Lebaran 1445 H, Imbau Warga Waspada Penyakit Diare

Kepala Dinkes Blora, Edy Widayat, Mengumumkan Pelayanan Kesehatan Sepanjang Hari untuk Warga yang Merayakan Idulfitri
Kepala Dinkes Blora, Edy Widayat, Mengumumkan Pelayanan Kesehatan Sepanjang Hari untuk Warga yang Merayakan Idulfitri

Blora, 4 April 2024 - Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan yang optimal selama perayaan Idulfitri 1445 Hijriah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora telah menyiapkan 26 Puskesmas di berbagai wilayah untuk melayani 24 jam sehari mulai tanggal 4 hingga 16 April 2024. Kepala Dinkes Blora, Edy Widayat, mengungkapkan hal ini pada hari Rabu, 3 April 2024.

Pusat Kesehatan Terpadu untuk Kesejahteraan Warga

Selain itu, Dinkes Blora juga mendirikan pos kesehatan terpadu yang melibatkan berbagai sektor. Edy Widayat menjelaskan bahwa jadwal tenaga kesehatan telah diatur dengan baik untuk melayani selama periode perayaan Idulfitri.

Rumah Sakit Tetap Buka 24 Jam

Tidak hanya Puskesmas, tujuh rumah sakit baik negeri maupun swasta di Blora juga akan tetap buka selama 24 jam selama periode Lebaran. Layanan poliklinik sementara akan dialihkan ke IGD untuk memastikan akses pelayanan kesehatan yang cepat dan efisien.

Imbauan untuk Warga: Waspada Penyakit Diare

Edy Widayat juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit diare, terutama setelah menjalani puasa Ramadan. Ia menjelaskan bahwa kebiasaan "balas dendam" dengan mengonsumsi makanan berlebihan setelah berpuasa dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diare.

"Mengonsumsi makanan secara berlebihan setelah berpuasa dapat memicu masalah pencernaan, terutama karena lambung masih dalam tahap transisi. Sebaiknya, perhatikan pola makanan dan hindari konsumsi berlebihan untuk menjaga kesehatan," ungkap Edy Widayat.

Dengan demikian, Dinkes Blora berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang prima selama periode Lebaran, sambil memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka dengan memperhatikan pola makanan yang sehat dan seimbang.